Advertisement

Anies Baswedan: Perawatan Rumah Sejarah Rengasdengklok Harus Dibiayai Pemerintah

Newswire
Senin, 04 Desember 2023 - 16:37 WIB
Sunartono
Anies Baswedan: Perawatan Rumah Sejarah Rengasdengklok Harus Dibiayai Pemerintah Calon Presiden dan Wakil Presiden nomer urut 1 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan). - Antara - Muhammad Iqbal

Advertisement

Harianjogja.com, KARAWANG—Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menginginkan perawatan Rumah Sejarah Rengasdengklok, yang berada di Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dijamin oleh pemerintah.

Anies menyatakan hal itu setelah berkunjung ke Rengasdengklok pada Senin (4/12/2023) pagi. Sejauh ini, dia menilai bantuan untuk perawatan rumah yang bersejarah itu sangat minim dari pemerintah.

Advertisement

"Tidak boleh tempat ini dibiarkan sendirian. Kami melihat harus diberikan bantuan. Minimal pemerintah bisa kerjakan," kata Anies di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (4/12/2023).

BACA JUGA : Jadwal Kampanye Hari Ini, Anies Ke Jakarta dan Jawa Barat, Muhaimin ke Sumatera Barat

Rumah Bersejarah Rengasdengklok merupakan lokasi di mana Presiden dan Wakil Presiden pertama RI, Soekarno-Hatta sekaligus proklamator kemerdekaan RI "diculik" pada tanggal 16 Agustus 1946 oleh para pemuda yang mendesak agar kemerdekaan RI dipercepat. Sejarah itu pun dikenal sebagai "Peristiwa Rengasdengklok".

Secara fisik, menurut Anies, saat ini kondisi Rumah Bersejarah Rengasdengklok baik-baik saja dan tidak mengkhawatirkan, karena keluarga para ahli waris merawat secara mandiri.

Keluarga ahli waris yang merawat rumah itu pun tidak berkeluh kesah dan tetap menjalani kehidupan secara normal.

Anies menilai sesungguhnya pemerintah bisa memberikan bantuan, seperti menggratiskan biaya listrik serta pajak bumi dan bangunan, hingga menyalurkan bantuan perawatan. Dengan demikian pemerintah ikut turun tangan untuk bertanggung jawab atas peninggalan sejarah.

Saat menjadi gubernur DKI Jakarta, Anies telah menjamin perawatan bagi sejumlah bangunan bersejarah di Jakarta, mulai dari Masjid Si Pitung, Gereja Immanuel, hingga Masjid Guru Mansur.

"Itu usianya ratusan tahun semua. Kalau mereka tidak mampu untuk merenovasi, maka akan hancur," kata Anies.

KPU RI, Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024. Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024, Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

BACA JUGA : Anies: Indonesia Harus Jadi Penentu, Jangan Hanya Pengikut Kebijakan Internasional

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Besok Prabowo Jadi Jenderal TNI, Diberi Kenaikan Pangkat Kehormatan oleh Presiden Jokowi

News
| Selasa, 27 Februari 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement