Advertisement

Prabowo-Gibran Bakal Bangun Koalisi Besar dalam Pemerintahan

Newswire
Kamis, 21 Maret 2024 - 07:17 WIB
Ujang Hasanudin
Prabowo-Gibran Bakal Bangun Koalisi Besar dalam Pemerintahan Calon Presiden RI Prabowo Subianto saat memberikan pidato kemenangan di depan rumahnya kawasan Jalan Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024) (ANTARA - Walda Marison)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran rakabuming Raka dinyatakan menang dalam Pilpres 2024. Gerindra menyebut Prabowo-Gibran bakal membangun koalisi besar dalam pemerintahan nanti demi memajukan Idnonesia

"Kita akan terus membangun koalisi besar dengan berbagai macam partai politik yang ada di Senayan dan komunikasi itu sekarang sudah berlangsung," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani saat ditemui di rumah Prabowo di kawasan Kartanegara IV Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Rabu malam.

Advertisement

Menurut Muzani, koalisi besar sangat ideal untuk mendampingi kepemimpinan Prabowo-Gibran lantaran banyak program besar yang akan dijalankan.

Program besar seperti makan siang dan susu gratis dan pembangunan IKN pun menjadi salah satunya. Dengan koalisi besar, Prabowo-Gibran akan lebih mudah menjalankan program tersebut demi kepentingan rakyat.

Lebih lanjut, Muzani pun tidak menjelaskan secara rinci partai mana saja yang sudah diajak berkomunikasi untuk mau bergabung dengan koalisi pemerintah.

"Komunikasi sedang berlangsung dan hasilnya positif," kata dia.

BACA JUGA: KPU Rampungkan Rekap Suara Total Pemilu 2024, Prabowo-Gibran Raih 96 Juta Lebih Suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Hasil Pemilihan Umum secara nasional sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu sampai dengan Diktum Kelima ditetapkan pada hari Rabu tanggal 20 bulan Maret tahun 2024 pukul 22.18.19 menit WIB," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu malam.

Hasyim mengungkapkan pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara. Sementara itu, lanjut dia, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 27.040.878 mendapatkan suara. Adapun total surat suara sah, menurut dia, berjumlah 164.227.475 suara.

NasDem dalam kontestasi pilpres mendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Perolehan suara NasDem dalam pemilihan anggota legislatif Pemilu 2024 mencapai 14.660.516 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Gandeng Densus 88 untuk Cegah Intoleransi di Madrasah

News
| Selasa, 16 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement