Advertisement

Prabowo-Gibran Menang Telak dalam Pemilu Susulan di Demak

Newswire
Minggu, 25 Februari 2024 - 15:37 WIB
Ujang Hasanudin
Prabowo-Gibran Menang Telak dalam Pemilu Susulan di Demak Foto ilustrasi. Petugas KPPS menunjukan surat suara pemilihan calon presiden dan wakil presiden yang sudah tercoblos saat penghitungan suara pilpres pada Pemilu 2024 di TPS 03 Braga, Sumurbandung di Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). - Antara - M Agung Rajasa

Advertisement

Harianjogja.com, DEMAK— Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang di tempat pemungutan suara (TPS) daerah banjir di Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, yang menggelar pemilu susulan.

Menurut Ketua KPPS TPS 14 Desa Wonorejo Ernita Octaviani di Demak, Minggu (25/2/2024), pasangan nomor urut dua mendapatkan dukungan 154 suara, sedangkan urutan kedua pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo - M. Mahfud MD mendapatkan dukungan 52 suara.

Advertisement

Sementara pasangan nomor urut satu, Anies Rasyid Baswedan - A. Muhaimin Iskandar mendapatkan dukungan delapan suara.

Kondisi berbeda di TPS 07 Desa Wonoketingal urutan nomor 2 mendapatkan dukungan 141 suara, disusul Anies-Muhaimin mendapatkan 29 suara, dan Ganjar-Mahfud mendapatkan dukungan 23 suara.

Pasangan nomor urut dua juga unggul di tingkat Desa Wonorejo dengan dukungan 71,77 persen suara, disusul pasangan nomor urut tiga mendapat dukungan 21,83 persen, dan nomor urut satu mendapatkan dukungan 6,40 persen.

"Tingkat kehadiran pemilih, kata dia, juga cukup tinggi karena mencapai 80 persen. Termasuk di TPS yang terdampak banjir juga tinggi, seperti di TPS 14," ujar Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Wonorejo Arifin.

Dari DPT sebanyak 257 pemilih ditambah satu pemilih tambahan, yang hadir sebanyak 228 pemilih atau 88,71 persen.

BACA JUGA: Pemungutan Suara Susulan di Demak Digelar Sabtu 24 Februari 2024

Keunggulan dukungan pasangan nomor urut dua juga diraih di Desa Wonoketingal yang terdiri 19 TPS. Dukungan nomor urut dua yang diperoleh sebanyak 2.838 suara atau 71,97 persen, disusul nomor urut tiga sebanyak 563 suara atau 14,28 persen, dan nomor urut satu sebanyak 336 suara atau 8,52 persen.

"Pelaksanaan pemilu susulan di Desa Wonoketingal yang berlangsung di 19 TPS juga berjalan lancar dan tanpa ada kendala berarti," ujar Ketua PPS Desa Wonoketingal Hasan Nadif.

Baca juga: KPPS di Demak mulai mempersiapkan TPS untuk pemilu susulan

Pasalnya, kata dia, pemungutan suara dan penghitungannya bisa diselesaikan hingga malam hari. Sedangkan hari ini (25/2) hasilnya bisa disampaikan ke PPK Karanganyar untuk dilakukan rekapitulasi hasil pemungutan suara.

Pemilu susulan di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, yang berlangsung tanggal 24 Februari 2024 atau 10 hari setelah jadwal pencoblosan Pemilu 14 Februari digelar di 10 desa.

Adapun kesepuluh desa di Kecamatan Karanganyar yang menggelar pemilu susulan setelah dilanda banjir tersebut, yakni Desa Wonoketingal, Cangkring, Cangkringrembang, Undaan Kidul, Undaan Lor, Ngemplikwetan, Wonorejo, Karanganyar, Ketanjung, dan Jatirejo. Sedangkan jumlah tempat pemungutan suara sebanyak 114 TPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ruang Meletus, Warga Pesisir Pantai Diungsikan Hindari Potensi Tsunami

News
| Rabu, 17 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement