Advertisement

3 Partai Penyokong Anies-Muhaimin Kompak Dukung Hak Angket Bersama PDIP

Lukman Nur Hakim
Kamis, 22 Februari 2024 - 21:07 WIB
Abdul Hamied Razak
3 Partai Penyokong Anies-Muhaimin Kompak Dukung Hak Angket Bersama PDIP Anies Baswedan / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tiga partai Koalisi Perubahan pengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yaitu NasDem, PKB dan PKS sepakat untuk menggulirkan hak angket ke DPR terkait dengan kecurangan Pemilu 2024.

Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan ketiga partai koalisi siap menggulirkan hak angket. “Semangat kami seperti semangat yang paling dinyatakan oleh Pak Anies, kita siap bersama inisiator PDIP untuk menggulirkan angket,” kata Hermawi di NasDem Tower, Kamis (22/2/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Anggota DPR Ini Nilai Hak Angket untuk Ungkap Dugaan Kecurangan Pemilu 2024 Tidak Tepat

Dia pun menjelaskan alasan ketiga partai pendukung Anies-Muhaimin sepakat mendukung usulan hak angket. Menurutnya, ketiga partai siap bersekutu dengan siapapun untuk menegakkan kebenaran dan keadilan bagi bangsa Indonesia.

Hermawi menambahkan Koalisi Perubahan sudah mengantongi sejumlah data yang diperlukan untuk menggulirkan hak angket. Selain itu, sambungnya, Koalisi Perubahan tinggal menunggu langkah PDIP yang merupakan partai pertama mengusulkan hak angket tersebut.

"Kalau nanti kami bersama-sama dengan PDIP, mungkin juga PPP kalau sama-sama menggulirkan hak angket,” tegasnya.

Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsy mengatakan pihaknya mendukung hak angket terkait dengan dugaan kecurangan pada Pemilu 2024. “Kami sangat mendukung, sangat senang. kalau ada yang melangkah begitu, kami ada di belakangnya, kami siap,” ujarnya.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mendukung ide capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang mendorong penggunaan hak angket DPR dalam mengusut dugaan kecurangan Pemilu 2024.

BACA JUGA: Ganjar Lobi Partai Lain untuk Gunakan Hak Angket DPR

Pasangan cawapres Muhaimin Iskandar itu menilai bahwa ide tersebut merupakan inisiatif yang baik, mengingat partai utama pengusung Ganjar yakni PDI Perjuangan (PDIP) juga memiliki kekuatan besar di parlemen.

“Kami melihat itu adalah inisiatif yang baik, dan ketika Pak Ganjar menyampaikan keinginan untuk melakukan angket itu, fraksi PDI Perjuangan adalah fraksi yang besar,” katanya di Posko THN AMIN, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024).

Anies meyakini, Koalisi Perubahan yang mengusungnya dalam Pilpres 2024 ini juga siap untuk bersama-sama terlibat dalam penggunaan hak angket tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ruang Meletus, Warga Pesisir Pantai Diungsikan Hindari Potensi Tsunami

News
| Rabu, 17 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement