Advertisement

Saksi TPS Ganjar-Mahfud di Pesisir Gunungkidul Digelontor Bantuan Logistik dan Konsumsi

Yosef Leon
Senin, 12 Februari 2024 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Saksi TPS Ganjar-Mahfud di Pesisir Gunungkidul Digelontor Bantuan Logistik dan Konsumsi Gabungan sukarelawan Ganjar-Mahfud saat menyalurkan bantuan permakanan kepada saksi TPS dinkawasan pesisir Gunungkidul, Senin (12/2/2024). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com JOGJA—Gabungan sukarelawan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 03, Ganjar-Mahfud menyalurkan bantuan logistik dan konsumsi kepada saksi TPS mereka yang bertugas di kawasan pesisir Gunungkidul. Bantuan yang diberikan berupa snack dan minuman berenergi seperti biskuit, susu, madu dan asupan berenergi lainnya sebagai bentuk dukungan moral. 

Penggagas Gerakan Penguatan Saksi, Widihasto Wasana Putra mengatakan bantuan logistik dan konsumsi itu merupakan aksi swadaya dari sejumlah sukarelawan Ganjar-Mahfud yakni Gerakan Pemenangan Ganjar Mahfud Presiden Wapres RI (Gamari), Taremah Mahfud, Gabungan Relawan Ganjar Mahfud DIY (Garda Istimewa) dan Relawan Tindak Lanjut (Rajut). "Bantuan kami salurkan kepada 613 saksi TPS yang tersebar di enam kapanewon dan 14 desa," kata Hasto, Senin (12/2/2024). 

Advertisement

Adapun saksi TPS yang diberikan bantuan moral itu berada di Kapanewon Girisubo, Tepus, Tanjungsari, Saptosari, Panggang dan Puwosari. Mulai dari Kalurahan Songbanyu, Balong, Jepitu, Sidoharjo, Purwodadi, Tepus, Kemadang, Banjarejo, Ngestirejo, Kanigoro, Krambilsawit, Girikarto, Girijati, dan Giripurwo. 

Hasto memaparkan, keberadaan saksi TPS menjadi kunci dari seluruh rangkaian proses Pemilu 2024. Mereka merupakan garda terdepan yang akan menjadi pengawas di setiap TPS dan akan mengantisipasi munculnya kecurangan perhitungan suara. Selain itu saksi TPS juga ibarat perwakilan dari paslon, caleg dan partai politik peserta Pemilu. 

"Kami pilih TPS kawasan pesisir karena jauh dari keramaian dan hiruk pikuk politik. Jadi karena kondisi geografis susah perlu penguatan jangan sampai suara Ganjar-Mahfud dicurangi, makanya perlu diperkuat moral saksi TPS ini," katanya.

BACA JUGA: Ratusan Saksi Pemilu di Kabupaten Magelang Dilatih Pengawasan

Hasto mengakui bahwasanya bantuan yang diberikan itu masih bersifat ala kadarnya. Setidaknya bantuan itu bisa memperkuat moral saksi TPS Ganjar-Mahfud agar bekerja dengan maksimal saat hari pencoblosan nanti. Di sisi lain dirinya juga mengajak agar aksi ini diikuti oleh relawan lainnya untuk memberikan dukungan kepada saksi TPS Ganjar-Mahfud. 

"Saksi TPS Ganjar-Mahfud di DIY sudah terbagi dan terbentuk di semua TPS, desa, kecamatan dan kabupaten. Kapasitasnya juga sudah kita bekali. Semua saksi siap untuk mengawasi jalannya pencoblosan dan perhitungan suara," ujarnya. 

Rencananya paket bantuan itu akan diberikan pada Selasa (13/2/2024) atau sehari menjelang hari pencoblosan. Bantuan ini diharapkan bisa menjadi peredam dan penyemangat bagi saksi TPS Gunungkidul dan sukarelawan Ganjar-Mahfud yang beberapa waktu lalu sempat mengalami insiden kekerasan saat kunjungan Presiden Joko Widodo di Gunungkidul.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Besok Prabowo Jadi Jenderal TNI, Diberi Kenaikan Pangkat Kehormatan oleh Presiden Jokowi

News
| Selasa, 27 Februari 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement