Advertisement

Muhaimin Minta Menkeu Paham Prioritas dan Persoalan Anggaran Pendidikan

Newswire
Rabu, 07 Februari 2024 - 22:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Muhaimin Minta Menkeu Paham Prioritas dan Persoalan Anggaran Pendidikan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berharap Menteri Keuangan (Menkeu) dapat memahami prioritas dan persoalan anggaran pendidikan, yang pengelolaannya belum maksimal.

“Saya tahu 20 persen anggaran pendidikan amanat undang-undang belum tercapai. Karena banyak kegiatan yang diklaim sebagai program pendidikan, untuk memenuhi unsur 20 persen. Karena itu, butuh Menteri Keuangan yang punya visi memahami penderitaan guru-guru," katanya di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (7/2/2024).

Advertisement

Hal itu disampaikan Muhaimin, setelah mendengarkan curahan hati (curhat) ratusan guru madrasah di Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Banyuwangi, serta ratusan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di Pondok Pesantren Nurut Taqwa.

Bahkan, kata Ketua Umum PKB itu, alangkah baiknya Menteri Keuangan yang pernah menempuh pendidikan di Madrasah. “Sebetulnya, yang paling penting Menteri Keuangan itu mesti mengerti betul penderitaan dan prioritas, sehingga banyak yang perlu digeser anggarannya kepada hal-hal yang prioritas,” katanya menegaskan.

Baca Juga

Ada Isu Dana LPDP Disetop, Kemenkeu Buka Suara

Menkeu Minta Anggaran Pendidikan Harus Tepat Sasaran

Dijuluki Tukang Pajak, Sri Mulyani: Salah Satunya Untuk Biaya Pendidikan Dokter Spesialis

Menurut dia, sangat jelas terlihat dari kesejahteraan para guru dan tenaga pengajar serta fasilitas pendidikan di seluruh Indonesia yang masih sangat minim. “Ya itu sebagai visi saja (Menteri dari Madrasah) bukan personifikasi, visinya adalah yang mengerti betul penderitaan para pendidik,” harapnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Berdasarkan PKPU No.78/2024, kampanye akbar adalah sebutan untuk kampanye rapat umum. KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ruang Meletus, Warga Pesisir Pantai Diungsikan Hindari Potensi Tsunami

News
| Rabu, 17 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement