Advertisement

Dipanggil Wir oleh Netizen, Gibran Balas Sapa Warganet Halo Wir

Media Digital
Kamis, 18 Januari 2024 - 23:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dipanggil Wir oleh Netizen, Gibran Balas Sapa Warganet Halo Wir Cawapres Gibran Rakabuming Raka memulai thread mengenai gim buatan lokal dan menyapa warganet dengan Hallo Wir. Tangkapan Layar X

Advertisement

JOGJA—Calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka menunjukkan kepeduliannya pada dunia ekonomi kreatif, utamanya subsektor gim. Kepedulian ini dituliskannya secara langsung lewat thread di akun X @gibran_tweet, Rabu (17/1/2024).

Theard itu dibuka Gibran dengan sapaan, hallo wir... mau sharing nieh soal dunia gim nieh... Sapaan pertama ini hingga Kamis (18/1/2024) pukul 10.00 WIB mendapat 1.000 komentar, 264 retweet dan disukai 6.080 orang.

Advertisement

Pada postingan selanjutnya, Gibran menulis secara total, 17 subsektor industri kreatif di Indonesia menyumbang Rp1.300 triliun dan menyerap 22 juta tenaga kerja, termasuk industri gim di Tanah Air.  Gibran menilai subsektor ini berpotensi luar biasa besar. Sayangnya, pasar di Tanah Air justru didominasi gim produk asing, bukan buatan lokal.

Pada thread kedua, Gibran mengutip data Kemenparekraf yang menyebutkan nilai pasar gim Indonesia mencapai angka Rp25 triliun pada 2022. "Dengan angka ini bisa traktir nonton 80an juta orang di bioskop. tapi bukan weekend yaaa. Dari angka pasar itu, hanya 0.5% alias sekitar Rp12,5M yang dinikmati langsung pengembang lokal," cuit Gibran.

Di theard ketiga, Gibran kemudian menyebut gim favoritnya karya anak bangsa, yakni A Space for the Unbound. "Saya nge-gim udah sejak lama.. Sering nyobain game lokal, jadi tahu potensi luar biasanya industri game tanah air.. Beberapa yang nempel banget seperti A Space for the Unbound yang IMO kualitasnya oke dan diapresiasi secara global. Kamu punya game lokal favorit apa?" tanya Gibran.

Pertanyaan ini mendapat respons warga X 335 komentar, 198 retweet, disukai 1.200 orang dan mendapat perhatian 290.000 orang. Sekadar informasi, A Space for the Unbound adalah gim bergenre petualangan yang dikembangkan oleh Mojiken Studio dan diterbitkan oleh Toge Productions. A Space for the Unbound dirilis tahun lalu, tepatnya 19 Januari 2023 di paltform Nintendo Switch, PlayStation 4, PlayStation 5, Windows, Xbox One, dan Xbox Series X/S. Mojiken Studio merupakan developer gim yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur.

"ini Dreadout yang game & IP-nya sangat menarik untuk terus dieksplorasi, atau Potion Permit dan Selera Nusantara dengan pencapaian revenue-nya, serta inisiatif MOBA asli buatan tanah air, Lokapala. Menarik juga loh," ujar Gibran.

Meski pemain gim lokal masih sedikit Gibran optimistis pada subsektor ekonomi kreatif ini. Pasalnya, industru gim di Indonesia sedang berproses dan Gibran yakin menuju arah yang tepat. “Setidaknya 98 game developer lokal (data Kominfo) terus bertumbuh, di mana proyeksi jumlah gamers Indonesia pada 2025 mencapai 192 juta orang. Fantastis yo!!!” papar Gibran sebagai thread keempatnya.

Gua mencapai hal tersebut, pada thread kelima, Gibran mendorong konektivitas antara penciptaan talenta atau sumber daya manusia (SDM) industri gim dari tingkat pendidikan vokasi, menengah, bahkan hingga pendidikan tinggi untuk mengisi kebutuhan industri. “Kita pastikan industri nusantara kita bisa digdaya," kata dia.

Pada cuitan terakhir, Gibran kembali menegaskan mengenai pentingnya hilirisasi digital. Menurut cawapres nomor urut dua ini, hilirisasi digital menjadi pendorong untuk pengembangan industri kreatif Indonesia di bidang gim.

"Jadi mari kita beri kesempatan anak anak kreatif indonesia agar bisa menjadi tuan rumah di negri sendiri. Hilirisasi digital akan kita dorong agar banyak talent digital mampu menghasilkan karya yang layak dan mencukupi kebutuhan Industri," tutup Gibran. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ruang Meletus, Warga Pesisir Pantai Diungsikan Hindari Potensi Tsunami

News
| Rabu, 17 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement