Advertisement

Debat Khusus Cawapres Dihapus oleh KPU Jadi Trending di Medsos

MG Noviarizal Fernandez
Sabtu, 02 Desember 2023 - 16:47 WIB
Sunartono
Debat Khusus Cawapres Dihapus oleh KPU Jadi Trending di Medsos Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tagar #cawapres menjadi topik terpopuler di jagad sosial media X setelah Komisi Pemilihan Umum meniadakan debat khusus antar calon wakil presiden.  Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengubah format Debat Cawapres pada gelaran Pilpres 2024.

Lembaga itu akan membuat 5 kali Debat Capres-Cawapres yang formatnya akan terus diikuti oleh capres dan cawapres secara bersamaan.  Konsep tersebut berbeda dengan Pilpres 2019, di mana selain ada dua kali debat khusus capres dan sekali debat yang dihadiri capres-cawapres bersamaan, terdapat juga sekali acara debat khusus cawapres.  

Advertisement

BACA JUGA : Debat Khusus Cawapres Ditiadakan, Begini Tanggapan Cak Imin

Perubahan format debat ini memancing diskusi hangat di sosial media X. Hingga Sabtu (2/12/2023) siang, tagar #cawapres sudah mencapai 50.700 postingan.  Nadirsyah Hosen, salah seorang tokoh Nadhlatul Ulama yang bermukim di Australia dalam unggahannya mengatakan bahwa dia salut dengan Maruf Amin, wakil presiden saat ini yang pada 2019, berani tampil khusus dalam debat antarcalon presiden.

“Salut dengan KH Ma’ruf Amin, sudah sepuh saat menjadi Cawapres 2019, tapi berani tampil di sesi khusus debat Cawapres. Bahkan tampil dg sangat baik. Masak ada anak muda yg gak berani tampil debat cawapres sih? Masak sih kalah berani sama yg sepuh? Masak ada yg kayak gitu sih,” ujarnya melalui akun @na_dirs.  

BACA JUGA : Ma'ruf Amin Heran, Capres-cawapres Hanya Adu Gimmick

Pengguna X @BangPino_ membeberkan dua pernyataan berbeda Ketua KPU, tentang format debat capres dan cawapres. “Simak Jejak Digital Pernyataan Ketua KPU RI : 3 November 2023 Bahwa Debat Capres-cawapres itu ada 5 (3 utk Capres & 2 utk Cawapres) krn dasarnya msh Sama UU No 7 thn 2017 1 Desember 2023, Debat itu adalah teamwork jadi semua hrs hadir (Capres-Cawapres) dlm setiap debat. Pak @KPU_ID Padahal Publik ingin melihat kemampuan personal msg2 calon (baik Capres - Cawapres) krn mereka yg akan membawa masa depan rakyat Indonesia 5 tahun kedepan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ruang Meletus, Warga Pesisir Pantai Diungsikan Hindari Potensi Tsunami

News
| Rabu, 17 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement