Advertisement

Kelompok Masyarakat di Jogja Diajak Jaga Kerukunan Menjelang Pemilu 2024

Yosef Leon
Minggu, 16 Juli 2023 - 19:27 WIB
Maya Herawati
Kelompok Masyarakat di Jogja Diajak Jaga Kerukunan Menjelang Pemilu 2024

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Jogja mengajak Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di wilayah setempat untuk ikut serta menjaga kerukunan dan situasi kondusif menjelang berlangsung Pemilu serentak. 

Sebab karakteristik Kota Jogja yang heterogen karena dihuni beraneka macam suku, etnis dan ras tidak menutup kemungkinan bisa menimbulkan keadaan yang tidak kondusif. Selain itu, masuknya tahapan Pemilu disinyalir akan membuat potensi gesekan cukup tinggi ke depan. 

Advertisement

Analis Kebijakan Ahli Muda Kelompok Substansi Kewaspadaan Dini Dan Penanganan Konflik Bakesbangpol Kota Jogja Nyke Lestari menjelaskan, FPK Kota Jogja merupakan salah satu forum di bawah naungan pihaknya yang bertugas menjaga situasi kondusif di wilayah setempat. 

“Kami tentu perlu saran-saran masukan dan kritik dari semua paguyuban yang ada untuk membuat satu program atau kegiatan lanjutan di 2024 terkait kondisi wilayah pada saat ini,” ungkapnya, Minggu (16/7/2023). 

BACA JUGA: Lima Remaja Ditangkap, Diduga Menganiaya Pemotor yang Merokok

Nyke juga berharap, dengan adanya FPK Kota Jogja yang tersebar di seluruh Kemantren dapat saling bekerja sama dengan tokoh lintas etnis, suku dan budaya dalam menjaga situasi kondusif menjelang berlangsungnya Pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

Ketua FPK Kota Jogja Wahyu Susanto mengungkapkan, kelompok ini terdiri dari berbagai macam etnis yang ada di Indonesia di antaranya dari Papua, Maluku, Bali, Batak, DKI Jakarta, Jawa, Madura dan sebagainya. Komunikasi dan koordinasi antarkelompok, kata dia selalu diintensifkan terutama memasuki tahun politik ini. 

Dia menyatakan bahwa dengan komunikasi dan koordinasi yang intensif masing-masing anggota dari berbagai kelompok akan saling berinteraksi, kemudian mereka bisa saling menyampaikan isi hatinya dan mencoba untuk melakukan interaksi yang lebih intens dalam kegiatan sehari-hari.

"Harapannya situasi wilayah menjadi nyaman dan aman untuk semua kegiatan sebagai kota budaya, kota pendidikan, kota pariwisata dan semuanya akan berjalan seperti yang diharapkan," kata Wahyu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Besok Prabowo Jadi Jenderal TNI, Diberi Kenaikan Pangkat Kehormatan oleh Presiden Jokowi

News
| Selasa, 27 Februari 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement