Advertisement

Dari Jogja, Forum 2045 Serukan Pemilu Berdaulat dan Bermartabat

Sunartono
Sabtu, 20 Mei 2023 - 11:57 WIB
Sunartono
Dari Jogja, Forum 2045 Serukan Pemilu Berdaulat dan Bermartabat Forum 2045 membacakan seruan moral Pemilu 2024: Rakyat Berdaulat, Politik Bermartabat di Pendopo Pangeran Diponegoro, Tegalrejo, Kota Jogja, Sabtu (20/5/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sekelompok akademisi yang tergabung dalam Forum 2045 menyerukan agar Pemilu 2024 digelar secara berdaulat dengan proses politik yang bermartabat. Seruan kelompok ini secara langsung dilakukan di Pendopo Pangeran Diponegoro, Tegalrejo, Kota Jogja, Sabtu (20/5/2023) pagi.

Sejumlah tokoh yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain mantan Ketua Umum PP Aisyiyah Profesor Chamamah Soeratno, Guru Besar UNY yang juga ketua KONI DIY Profesor Djoko Pekik Irianto, mantan Kepala Disdikpora DIY Profesor Suwarsih Madya, Guru Besar UMY Profesor Heru Kurnianto dan sejumlah tokoh lainnya.

Advertisement

BACA JUGA : Jaga Warga Diminta Jaga Stabilitas Jelang Pemilu 2024

Kegiatan singkat itu dilakukan dengan membacakan pernyataan sikap dari forum 2045 yang secara prinsip mendorong agar Pemilu 2024 digelar dengan adil dan bersih. Ketua Forum 2045 Untoro Hariadi menegaskan forum tersebut tidak berbicara pada dukungan sosok calon presiden, melainkan lebih mendorong pada upaya pemilu bersih dan berdaulat.

“Jadi kami tidak bicara sosok dukungan ke siapa dalam konteks ini,” katanya kepada wartawan.

Forum ini menyerukan kepada seluruh masyarakat tak terkecuali warganet agar cerdas dan dalam melakukan kritik tidak terpengaruh pada ujaran kebencian, fitnah dan berbagai upaya du domba yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa.

Selain itu mengajak kepada tokoh masyarakat, alim ulama, cerdik cendekia, intelektual organik, para aktivis dan guru serta mahasiswa agar tetap berperan aktif mengembangkan literasi demokrasi serta memantau dan mengawasi jalannya proses Pemilu 2024.

BACA JUGA : Pemilu 2024: Ribuan Warga Jogja Dicoret karena Tak Penuhi 

“Kemudian mengajak semua organisasi kemasyarakat, Lembaga Pendidikan dan komponen bangsa lainnya agar menjadi pemandu nalar akal budi dan mewujudkan perilaku rakyat yang berdaulat. Menyelenggarakan siar Pendidikan politik agar rakyat bisa memilih presiden dan wapres yang berakhlak mulia dengan sifat jujur, bertanggungjawab dan cerdas,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hingga Juni 2024, Sekitar 7.437 Pekerja di Jawa Tengah Mengalami PHK

News
| Rabu, 19 Juni 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement