Advertisement

Gandeng Tokoh Nasional hingga Konsolidasi Akar Rumput, Ini Cara Parpol DIY Raih Kursi DPR

Triyo Handoko
Rabu, 25 Januari 2023 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
Gandeng Tokoh Nasional hingga Konsolidasi Akar Rumput, Ini Cara Parpol DIY Raih Kursi DPR Ilustrasi pemilu. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Persiapan partai politik (parpol) di DIY memenangi Pemilu 2024 dan meraih kursi di DPR sudah dilakukan mulai sekarang. Sejumlah parpol menggandeng tokoh nasional dengan popularitas tinggi untuk bertarung di Daerah Pilih (Dapil) DIY.

Dapil DIY untuk Pemilu 2024 merebutkan delapan kursi di DPR. Dalam Pemilu 2019 hanya ada tujuh parpol di DIY yang berhasil mengirimkan perwakilannya ke senayan. PDIP meraih dua kursi, lalu sisanya dikantongi PAN, PKB, PKS, Gerindra, Nasdem, dan Golkar dengan masing-masing satu kursi.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Wakil Ketua DPD Gerindra DIY Danang Wahyu Broto menyebut partainya menargetkan dua kursi DPR pada Pemilu 2024. “Kami targetkan menambah satu kursi lagi, atau setidaknya mempertahankan satu kursi yang ada karena konstelasi Pileg untuk DPR RI di DIY ini cukup ketat jadi itu yang realistis,” katanya, Rabu (25/1/2023).

BACA JUGA: Dikira Hilang 25 Tahun karena Takut Disunat, Pria Ini Ternyata Tinggal di Pasar Kepek Bantul

Danang yang juga Ketua Fraksi Gerindra DPRD DIY ini menjelaskan berbagai langkah yang dipersiapkan untuk mencapai target, terutama menggandeng tokoh nasional untuk maju ke senayan lewat Dapil DIY. “Sebenarnya untuk DPR RI ini kewenangan DPP Gerindra, tapi kami juga sudah koordinasi dengan pusat. DPP Gerindra sudah siapkan kader terbaiknya untuk bertarung di DIY, ada tokoh nasional juga yang akan bertarung jadi akan sangat tambah menarik konstelasi di Dapil DIY 2024 nanti,” jelasnya.

Tokoh nasional dari Gerindra, jelas Danang, yang akan maju DPR RI dari DIY tak hanya satu orang. “Ada tokoh nasional baru yang belum pernah menjajal Dapil DIY, ada juga tokoh nasional lama,” ujarnya.

Danang belum bisa membeberkan nama tokoh nasional tersebut. “Karena itu kewenangan DPP jadi lebih baik yang mengumumkan dari pusat saja, tapi saya jamin akan menarik. Soal petahana anggota DPR RI dari Gerindra Dapil DIY itu juga pasti akan bertarung lagi,” ucapnya.

Tak hanya Gerindra DIY yang menargetkan penambahan raihan kursi DPR, PDIP DIY juga optimis mampu menambah capiannya pada Pileg 2024 mendatang. “Kami sangat optimis mampu menambah jumlah kursi DPR RI dari Dapil DIY, targetnya nambah satu atau dua kursi dan itu harus,” kata Ketua DPD PDIP DIY, Nuryadi pada Rabu sore.

Nuryadi membeberkan strategi yang akan dilakukan untuk mencapai target tersebut dengan mematangkan konsolidasi hingga akar rumput. “Konsolidasi kami sudah solid sampai anak ranting, semuanya kompak dan siap bertugas bersama mencapai target,” jelasnya.

Paket calon anggota legislatif dilakukan PDIP DIY, jelas Nuryadi, karena dari legislatif tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan pusat tak bisa dipisahkan. “Pileg ini kan tidak bisa dipisah-pisah dari DPRD kabupaten/kota, provinsi, sampai DPR RI, akan lebih efektif jika paket dari semua tingkatan itu jadi satu memenangkan tiap wilayah,” katanya.

Mesin pemenangan pemilu, lanjut Nuryadi, juga jadi lebih optimal dilakukan dengan pembagian tugas yang solid. “Kunci kemenangan kami dari tingkat kabupaten, provinsi, sampai pusat itu karena solid dan kompak semuanya satu komando jadi geraknya lebih kuat,” ucapnya.

Nuryadi menyebut persiapan Pileg 2024 tak dilakukan baru-baru ini. “Sudah dari lama, dari semua program yang ada kami lakukan pendekatan ke masyarakat, janji-janji yang ada kami penuhi tiap wilayah. Dan masyarakat tahu pasti pilihan mana yang tepat yang bekerja untuk aspirasi mereka,” jelasnya.

Persiapan lainya dilakukan DPW PKB DIY dengan lebih menyasar pemilih pemula. Ketua DPW PKB DIY Agus Sulistyo menjelaskan pihaknya sudah melakukan pendekatan dengan kaum milenial dengan beragam kegiatan yang lebih familiar. “Misalnya dengan bikin lomba game online, bikin konser musik, dan lainnya. Itu supaya lebih dekat dengan kaum milenial yang jumlahnya cukup signifikan di Pileg 2024 mendatang,” katanya.

BACA JUGA: Jogja Kian Macet, Kecepatan Rata-Rata di Jalan Hanya 16 Km per Jam

Agus menyebut target utama PKB DIY mempertahankan satu kursi DPR RI. “Sudah sejak 1998 di Dapil DIY PKB selalu dapat satu kursi, tentu ini harus dipertahankan. Kalau lihat konstelasi Dapil DIY ini juga cukup ketat sepertinya yang realistis mempertahankan satu kursi itu sembari juga menyiapkan tambahan satu kursi lagi,” jelasnya.

Dalam Pileg DPR RI pada 2024 mendatang, Agus juga akan bertarung langsung. “Saya juga akan turun berkompetisi di DPR RI tahun depan. Sudah dimulai dari jauh hari, terutama tetap merawat basis pemilih saya di 2019 kemarin sambil menambah basis pemilih baru di wilayah lain,” katanya.

Kampanye dengan baliho, jelas Agus, akan dikurangi PKB DIY. “Kami pilih medium lain yang lebih tepat sasaran, saya juga sudah banyak yang kenal jadi sepertinya tak perlu baliho lagi. Ada medium lain yang lebih tepat sasaran,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Meriah! Archipelago Menggelar Kompetisi Mini Soccer

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement