Advertisement

Megawati Sindir Parpol Tak Usung Kader Sendiri, Begini Respons Nasdem

Surya Dua Artha Simanjuntak
Kamis, 12 Januari 2023 - 10:57 WIB
Sunartono
Megawati Sindir Parpol Tak Usung Kader Sendiri, Begini Respons Nasdem Megawati Soekarnoputri. - ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Advertisement

Harianjogja.com, com, JAKARTA – Partai NasDem membela diri meski tak mengusung kader sendiri jadi calon presiden (capres). Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawarti Soekarno Putri menyindir partai politik (parpol) yang tak mengusung kader sendiri jadi capres.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan, tugas parpol lebih kepada mendorong tokoh terbaik bangsa untuk jadi pemimpin meski mereka bukan kader sendiri.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

NasDem sendiri sudah mendeklasikan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres usungannya untuk Pilpres 2024.

BACA JUGA : Megawati: Pak Jokowi Kalau Tidak Ada PDIP, Kasihan Lho

“Tugas dan fungsi partai adalah memajukan setiap putra-putri terbaik. Itu stand point-nya,” ujar Willy saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (11/1/2023).

Malah, dia merasa sudah jadi suatu hal yang wajar jika sebuah parpol mengusung kader sendiri jadi capres. Sebaliknya, akan jadi luar biasa jika sebuah parpol mengusung tokoh yang tak berasa dari internal partai.

“Itu ada sacrifice [pengorbanan] di sana [susung tokoh di luar partai]. Bayangkan cerita yang lazim kita temukan di dalam politik kita, orang mendirikan partai untuk mendapatkan sebuah jabatan,” jelas wakil ketua Badan Legislatif DPR itu.

Dia mengatakan malah sekarang banyak elite yang membangun parpol untuk dirinya mencapai kekuasaan. Oleh sebab itu, menurutnya, langkah Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengusung Anies patut diapresiasi.

BACA JUGA : Rizal Ramli Puji Megawati yang Tak Mau Presiden 3 Periode

“Jadi Pak Surya berpolitik out of the box [di luar kebiasaan]. Pak Surya berpolitik tidak biasa-biasa saja,” ungkap Willy.

Sindiran Megawati

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku bingung dengan perpolitikan Indonesia saat ini karena ada parpol yang tak mengusung seorang capres yang bukan kadernya sendiri.

Mega mengatakan, dirinya curhat perihal hal itu kepada putrinya yang juga ketua DPR saat ini, Puan Maharani.

"Aku bilang ke Mbak Puan, 'orang berpolitik sekarang, kok gitu ya? Emangnya enggak punya kader sendiri?'," ujar Mega saat memberikan pidato di HUT Ke-50 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Menurut Mega, kini masyarakat memandang negatif parpol karena tak berani mengusung kadernya maju ke ajang pemilu.

"Ya kan kalau kayak gini konatasinya sepertinya partai enggak punya kader. Pemilu itu ada, calon ittu harusnya ada," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update! Korban Tewas Gempa Turki dan Suriah Sudah Lampaui 5.000 Jiwa

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement